LOADING

Type to search

Gampang Bikin Ketagihan. Ini Cara Kerja Miras Oplosan Pengaruhi Otak

Seputar Narkoba

Gampang Bikin Ketagihan. Ini Cara Kerja Miras Oplosan Pengaruhi Otak

Share

Kabar kematian akibat miras oplosan sebenarnya bukan hal kabar baru. Sejak dulu, miras oplosan sudah banyak merenggut korban jiwa. Tapi anehnya, orang-orang seolah tidak peduli dengan fakta tersebut, mereka masih saja tetap mengonsumsinya.

Apakah mereka tidak sadar dengan risiko ini?

Tentu saja mereka sadar dengan bahaya yang mengincarnya. Tapi sayang, ada beberapa faktor yang menyebabkan miras oplosan ini sulit untuk mereka tinggalkan, Yakni :

  1. Miras oplosan ini harganya sangat murah dan mudah didapat. Akses mudah inilah yang membuat mereka tergoda untuk memilihnya ketimbang minuman
  2. Gengsi mereka mengalahkan rasa takut akan kematian. Secara tidak sadar, keinginan untuk menenggak miras oplosan ini merupakan produk dari ego, yang dipadukan dengan sensasi kenikmatan yang mereka rasakan saat fly. Padahal percayalah, kenikmatan yang mereka dapatkan hanyalah kenikmatan semu atau kenikmatan yang mereka ciptakan sendiri demi mendukung ego atau gengsinya.
  1. Efek ketagihan didapat dari cara kerja tubuh dalam menoleransi efek teler. Misal, jika sebelumnya kamu bisa langsung teler saat mengonsumsi 1 gelas miras oplosan, untuk selanjutnya, kamu baru akan teler setelah menenggak 2 gelas miras oplosan, dan terus berlanjut. Inilah yang justru sangat berbahaya. Menurut dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, pakar saluran cerna dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, efek toleransi ini akanĀ  terus meningkat, sementara tubuh tidak mampu memberikan toleransi pada alkohol. Kondisi ini pada akhirnya menyebabkan kamu mengalami overdosis alkohol, yang pada gilirannya bisa meningkatkan risiko kerusakan organ dalam (liver dan ginjal) hingga kematian.

Perlu diingat, dr Ari menjelaskan jika cara kerja alkohol dalam menoleransi efek teler ini berhubungan dengan reaksi otak dalam memberikan efek ketagihan. Makin besar nilai toleransi tubuh pada efek teler, makin tinggi pula nilai kecanduan yang menguasai pikiranmu.

Maka dari itu, dokter yang juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Kedokteran UI ini menyarankan jika kamu tidak ingin otak dikuasai oleh miras oplosan, satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan adalah, tidak mencoba untuk meminumnya, meskipun tujuan awalnya cuma coba-coba atau gaya-gayaan.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *