LOADING

Type to search

Fakta: Katinon Sebabkan Depresi

Seputar Narkoba

Fakta: Katinon Sebabkan Depresi

Share

Katinon menjadi terkenal sejak zat stimulan yang terbentuk dari turunan katinon atau mekatinon ditemukan di dalam kapsul MDMA yang diduga dikonsumsi oleh selebriti tanah air, Raffi Ahmad. Apakah sebenarnya katinonon itu dan apa bahayanya untuk tubuh kita?

Bisa Mempengaruhi Susunan Saraf Pusat

dr. Nafrialdi, PhD, SpPD, SpFK, Ketua Departemen Farmakologi dan Terapeutik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) mengungkapkan, kandungan zat tersebut masuk ke dalam golongan obat-obatan amfetamin, yaitu obat-obatan yang bisa berpengaruh pada susunan saraf pusat.

Menurut dr. Nafrialdi, beberapa efek yang bisa disebabkan oleh obat-obatan jenis tersebut, yaitu bisa membuat mereka yang mengonsumsinya menjadi merasa tubuhnya lebih kuat dan segar. Tidak hanya itu, zat di dalam obat jenis tersebut juga bisa meningkatkan libido lelaki.

Efek Buruk Setelah Pengaruh Obat Habis

Tetapi, dr. Nafrialdi mengingatkan, saat pengaruh obat tersebut sudah habis, bisa membuat efek sebaliknya, yaitu bisa menyebabkan depresi, darah rendah, dan malas untuk melakukan apapun. Memang sampai saat ini belum begitu jelas tingkat risiko kecanduannya (adiksi), karena tergolong masih cukup baru.

Di negara-negara Arab bahkan masih sering dikonsumsi dengan cara dikunyah. Tetapi ingat, di negara kita, katinon sudah menjadi barang yang ilegal dan akan terkena jerat hukum jika mengonsumsi atau memakainya. Selalu ingat, katakan tidak untuk narkoba apapun jenisnya, termasuk katinon!

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *