LOADING

Type to search

Efek dan Bahaya Memakai Ganja

Seputar Narkoba

Efek dan Bahaya Memakai Ganja

Share

Ganja atau dikenal juga dengan marijuana, adalah obat depresan yang dihasilkan dari daun cannabis. ganja bisa bisa disebut obat depresan karena ganja bisa mempengaruhi sistem saraf dengan cara memperlambat sistem saraf. Ganja biasanya dihisap seperti rokok atau dikonsumsi langsung. Ada juga yang mencampur ganja dengan minuman beralkohol atau jenis narkotika lainnya. Sejauh mana sebenarnya bahaya dari memakai ganja?

1. Hilang kontrol (halusinasi)

Hilang kontrol atau berhalusinasi merupakan  efek ganja yang paling terkenal. Mengonsumsi ganja bisa menyebabkan euforia, halusinasi, dan hilangnya kendali pemakainya. Inilah sebabnya ganja dilarang di negara kita karena memang sangat berbahaya, khususnya remaja.

2. Menyebabkan kecanduan

Walaupun banyak pihak yang meragukan ganja bisa menyebabkan kecanduan,  suka tidak suka, ganja memiliki kadar bahan adiktif sehingga memang bisa menyebabkan kecanduan. Bahkan kalau terus-terusan dikonsumsi tiap hari bisa juga menyebabkan overdosis.

3. Mengganggu kesehatan paru-paru

Pemakai ganja berisiko berhadapan dengan masalah kesehatan paru-paru, terutama masalah pernapasan. Mengonsumsi 3-4 puntung ganja tidak beda dengan bahaya mengkonsumsi 20 puntung rokok. Bahkan situs Steadyhealth pernah memberikan informasi bahwa ganja dinilai lebih berisiko sebabkan gangguan paru-paru jika dibandingkan dengan rokok.

4. Sistem reproduksi terganggu

Beberapa studi mengungkapkan bahwa pemakaian ganja pada pria bisa mengurangi jumlah sperma. Sedangkan pada wanita bisa menyebabkan siklus menstruasi menjadi kacau atau tidak teratur.

5. Berisiko terkena gangguan mental

Pada level yang lebih parah, pemakaian ganja berlebih bisa membuat pemakainya mengalami gangguan mental atau gangguan jiwa.

6. Tidak ragu berbuat kriminalitas

Saat ganja sudah menyebabkan seseorang kecanduan, ia bisa berbuat apa saja demi bisa terus mendapatkan ganja. Untuk mereka yang punya uang banyak akan menghabiskan hartanya sampai habis, sementara bagi pemakai yang tergolong tidak mampu kemungkinan besar akan berbuat kriminal.

7. Merasakan terali besi

Karena ganja itu ilegal, pemakai ganja yang ketahuan sudah pasti akan ditangkap dan diproses hukum. Hukumannya bagi mereka yang kedapatan memiliki ganja bisa dituntut penjara minimal 4 tahun.

Itulah beberapa efek dan bahaya memakai ganja. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Up