LOADING

Type to search

Efek Buruk Terlalu Sering Konsumsi Obat Warung

Seputar Narkoba

Efek Buruk Terlalu Sering Konsumsi Obat Warung

Share

Tidak sedikit orang yang enggan pergi ke dokter kalau keluhan yang datang terasa tidak berat. Mungkin kamu termasuk mereka yang lebih memilih mengonsumsi obat yang dijual bebas, atau sering juga disebut dengan obat warung.  Contohnya, kamu akan lebih membeli paracetamol jika merasa sakit kepala atau demam ketimbang pergi ke dokter untuk memeriksakannya.

Namun tahukah kamu jika kelebihan mengonsumsi obat warung bisa berefek buruk? Simak penjelasannya selengkapnya berikut ini!

Kebiasaan mengonsumsi obat warung terlalu sering dan dilakukan terus menerus dalam jangka waktu panjang bisa sangat berbahaya untuk tubuh kita. Tidak jarang mereka yang mengonsumsi obat warung tidak tahu kadar atau takaran yang benar atau tepat dan akhirnya bisa menyebabkan mereka meninggal dunia overdosis karena mengonsumsi obat-obatan warung dalam dosis yang berlebih.

Obat yang diminum terus-menerus untuk sakit ringan bisa membuat Kamu kecanduan terhadap obat tersebut. Jika tubuh sudah terbiasa, saat sakit dan tidak minum obat yang sama maka tubuh akan merasa tidak nyaman. Gengs juga mungkin sering tidak sadar kalau obat yang diminum kebanyakan hanya mengobati gejala, bukan penyakit sesungguhnya. Penyebab penyakit sesungguhnya tidak akan hilang sampai Gengs berkonsultasi kepada dokter.

Obat-obatan warung juga mayoritas cuma boleh dikonsumsi oleh mereka yang organ-organ tubuhnya masih berfungsi dengan baik. Jadi bagi kamu yang sudah punya riwayat penyakit tertentu dan sedang mengalami masalah kesehatan, sangat disarankan untuk mendapatkan langsung penanganan khusus dari dokter. Ingat, satu jenis obat tidak bisa diberikan kepada semua orang. Selain itu, obat yang dikonsumsi secara terus-menerus juga bisa berisiko menimbulkan gangguan pada organ hati dan ginjal.

Tidak hanya itu, jika obat yang dibeli di warung adalah obat palsu, maka bisa berisiko menjadi hal yang sangat berbahaya. Obat palsu sudah pasti mengandung zat aktif yang salah, terlebh jika dikonsumsi dalam takaran yang tidak tepat, maka bisa akan berakibat fatal.

Melihat fakta-fakta di atas, kamu harus lebih berhati-hatilah jika mengonsumsi obat-obat warung. Semoga informasi ini bermanfaat!

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *