LOADING

Type to search

Efek Buruk Sering Memakai Ganja pada Kemampuan Gerak Tubuh

Seputar Narkoba

Efek Buruk Sering Memakai Ganja pada Kemampuan Gerak Tubuh

Share

Walaupun akhir-akhir ini ada beberapa negara di dunia yang melegalkan penggunaan ganja, menurut sebuah studi terbitan jurnal Current Opinion in Behavioral Sciences, merokok ganja bisa mengganggu koordinasi dan keterampilan motorik lainnya, bahkan saat penggunanya sedang tidak teler. Kenapa bisa demikian? Para peneliti dalam studi tersebut mengungkapkan, mereka yang merokok ganja punya perbedaan di daerah otak tertentu ketika mereka dibandingkan dengan mereka yang tidak memakai ganja.

Residu THC yang ikut mengalir di dalam darah bisa memicu otak untuk melepaskan sejumlah besar dopamin (senyawa kimia alami pemicu mood bahagia). Itulah sebabnya kenapa pengguna ganja akan mengalami euforia (teler) setelah mengisap ganja. Euforia ini akan membuat mereka tidak sadar lagi dengan ruang dan waktu selama dan beberapa saat setelah menghisap ganja.

Otak Sulit Mengingat

Pada area otak tempat penyimpanan memori jangka panjang (hippocampus),THC bisa mengubah cara pengguna ganja dalam memproses informasi, sehingga logika dan proses pengambilan keputusan bisa terganggu. Efek ganja juga bisa membuat penggunanya mengalami kesulitan untuk membentuk ingatan baru saat sedang teler.

Dosis ganja  yang sangat besar juga bisa menyebabkan halusinasi atau delusi. Beberapa ahli menyebut bahwa ada kemungkinan hubungan antara penggunaan ganja dan beberapa masalah kesehatan mental seperti rasa cemas  berlebih dan depresi.

Sulit Fokus dan Tidak Seimbang

Efek pemakaian ganja juga menunjukkan adanya penurunan aktivitas pada cerebellum dan ganglia basal, area otak yang berhubungan dengan kontrol motorik, koordinasi, dan keseimbangan tubuh. Hal ini bisa memengaruhi waktu reaksi, memori, dan kemampuan untuk beralih antara tugas berbeda. Saat pengguna pulih dari teler, ia mungkin akan merasa lelah, sedikit tertekan, dan tidak fokus.

Pada beberapa orang, ganja bisa menyebabkan munculnya rasa cemas. Karena itulah tidak aman bagi mereka para pengguna untuk mengemudi atau mengoperasikan mesin atau alat-alat berat selama masih di bawah pengaruh efek negatif ganja.

Semoga informasi di atas bermanfaat!

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *