LOADING

Type to search

Ditemukan Jenis Narkoba Baru. Ini Efek Pentylone Pada Tubuh!

Seputar Narkoba

Ditemukan Jenis Narkoba Baru. Ini Efek Pentylone Pada Tubuh!

Share

Baru-baru ini Polres Metro Jakarta Barat, berhasil menangkap seorang pengedar narkoba jenis baru yang disebut Pentylone. Berbeda dengan jenis narkoba lainnya, Pentylone hadir dalam bentuk kapsul sehingga bisa langsung diminum, dan bahkan bisa dilarutkan dengan air putih.

Karena bentuk dan cara menikmatinya yang berbeda inilah Pentylone dianggap sebagai narkoba yang sangat berbahaya. Selain karena termasuk narkoba yang sulit untuk dideteksi, dan bisa mengelabui banyak orang, Pentylone pun bisa digunakan untuk menjebak orang awam agar jadi pecandu narkoba.

Bagaimana dengan efeknya?

Mengenai efeknya, Kombes Hengki Haryadi, Kapolres Metro Jakarta Barat, menjelaskan jika Pentylone pada dasarnya sama dengan jenis narkoba jenis stimulan. Setelah itu, secara perlahan pengguna narkoba ini akan mengalami halusinasi, euforia berlebihan, hingga insomnia.

Pentylone sendiri biasanya disebar di tempat-tempat hiburan. Untuk harganya sendiri cukup mahal, sekitar 500 ribuan per butir, sehingga hanya bisa dijangkau oleh orang-orang tertentu saja.

Hal yang sama dinyatakan, dr Hari Nugroho, pakar obat-obatan dari Institute of Mental Health Addiction And Neurosience (IMAN), yang menyebut jika Pentylone pada dasarnya merupakan jenis stimulan yang masih derivat dari cathinone, dan masuk dalam generasi new psychoactive subtances (NPS).

Meskipun komposisi zat di dalamnya masih sama dengan jenis narkoba lainnya, tapi karena efek Pentylone ini sangat mengerikan, di banyak negara narkoba ini tergolong dalam golongan I zat psikotropika.

Pada awalnya, dr Hari menjelaskan jika Pentylone  dikembangkan untuk tujuan pengobatan. Tapi sayang, bandar-bandar narkoba berhasil memanfaatkan publikasi ilmiah terkait obat ini hingga akhirnya mereka menjadikan obat ini sebagai racun bagi generasi muda.

Hingga saat ini, memang belum ada kabar terkait kematian akibat konsumsi Pentylone. Tapi jika terus dibiarkan berdar di masyarakat, bukan tidak mungkin narkoba jenis baru ini akan menyebabkan korban jiwa, atau malah dampak yang lebih mengerikan, yakni kecanduan yang sangat parah.

So, mulai sekarang berhentilah untuk mengkonsumsi narkoba. Kalau kamu belum pernah merasakan narkoba jenis ini, sebaiknya jangan pernah tertarik untuk mencicipinya, apapun alasannya!

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *