LOADING

Type to search

Depresi Itu Penyakit, Bukan Sekedar Masalah Suasana Hati

Seputar Narkoba

Depresi Itu Penyakit, Bukan Sekedar Masalah Suasana Hati

Share

Saat ini angka gangguan depresi di dunia mencapai 3-8 persen di mana 50 persen kasus terjadi pada usia 20-50 tahun. Namun ternyata, saat ini masih banyak masyarakat yang masih saja belum sadar akan gejala depresi dan bahaya dari depresi.

Padahal,menurut  Dr. Eka Viora SpKJ, Ketua PP PDSKJI, depresi adalah sebuah penyakit. Depresi merupakan sebuah penyakit dan bukan sekadar kondisi suasana hati atau mood yang sedang dirasakan oleh mereka yang terkena depresi. Jadi depresi terjadi bukan karena kelemahan atau mereka tidak beriman. Menurutnya,  depresi merupakan penyakit yang serius.

Sampai saat ini masih adanya stigma negatif yang  membuat pasien depresi seringkali dinilai sebagai sosok yang tidak kuat, tidak punya keinginan yang kuat sampai jauh dari agama atau tidak beriman. Pada dasarnya, kondisi tersebut adalah gejala depresi yang kurang atau tidak disadari dan bisa menyerang siapa saja di umur berapa saja.

Di tengah masyarakat, cukup banyak orang yang sudah menunjukkan tanda tapi orang di sekitarnya justru mengatakan ‘kamu kurang beriman, kamu kok lemah, dan lain sebagainya’. Padahal mereka itu sedang mengalami depresi. Ucapan konyol seperti itu justru bisa buat kondisi depresi semakin parah. Depresi bisa dimulai di usia muda dan bahkan anak-anak juga bisa alami depresi.

Melihat tingginya kasus depresi membuat WHO (World Health Organization) menyatakan depresi sebagai tidak hanya kesehatan semata melainkan sebagai kesehatan masyarakat. Berdasarkan data yang dimiliki WHO, depresi berada di urutan 4 penyakit mematikan di dunia.

Mengerikan memang, tapi ingat depresi bisa disembuhkan. Jika ada kerabat atau teman Anda yang menunjukkan gejala depresi, stop mengatakan ia malas, lemah dan lain sebagainya/ Bantulah ia dengan mengajaknya bicara tentang masalah yang ia hadapi. Jika memang depresi sudah dalam taraf yang mengkhawatirkan, segera bawa ia ke ahlinya untuk bisa segera mendapat pertolongan.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *