LOADING

Type to search

Cukup Olahraga 1 Jam Tiap Minggu Kesehatan Mental Bisa Terjaga

Seputar Narkoba

Cukup Olahraga 1 Jam Tiap Minggu Kesehatan Mental Bisa Terjaga

Share

Tidak membutuhkan waktu yang lama, cukup rutin lakukan olahraga satu jam setiap minggu, hasil positif pada kesehatan mental akan bisa Anda rasakan. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa olahraga yang tidak terlalu intensif sudah bisa mencegah depresi.

Hasil peneltian yang sudah dipublikasikan di American Journal of Psychiatry tersebut menunjukkan bahwa kita, dari segala usia, bisa mendapat manfaat kesehatan mental dari sejumlah olahraga intenstitas ringan. Dalam penelitian yang melibatkan 33.908 orang dewasa Norwegia ini, para ilmuwan menemukan bahwa 12% kasus depresi bisa dicegah kalau kita melakukan kegiatan fisik minimal 1 jam setiap minggu.

Peneliti juga mengungkapkan bahwa olahraga sudah lama diketahui memiliki peran dalam mengobati gejala depresi, tetapi hal ini merupakan yang pertama kalinya penelitian yang bisa mengukur potensi pencegahan kegiatan fisik dalam hal mengurangi tingkat depresi di masa depan.

Temuan dari studi ini sangat menarik karena mengungkapkan bahwa jumlah latihan yang relatif sedikit, 1 jam per minggu sudah bisa memberikan perlindungan yang signifikan terhadap depresi. Para peneliti percaya bahwa kegiatan fisik atau berolahraga tidak cuma bermanfaat bagi fisik atau sosial, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan mental.

Kalau kita bisa menemukan cara untuk meningkatkan tingkat kegiatan fisik bahkan dengan jumlah kecil, maka ini kemungkinan akan membawa manfaat kesehatan fisik dan mental yang substansial, menurut salah seorang peneliti dalam studi tersebut yang bernama Samuel Harvey, Associate Professor di Black Dog Institute dan University of New South Wales di Australia.

Melihat fakta di atas, mari mulai dari sekarang rutin berolahraga, cukup 1 jam tiap minggu agar kesehatan mental tetap terjaga!

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *