LOADING

Type to search

Cukup Dengan Makan Buah dan Sayur, Depresi Pun Bisa Dicegah!

Seputar Narkoba

Cukup Dengan Makan Buah dan Sayur, Depresi Pun Bisa Dicegah!

Share

Salah satu manfaat sayuran dan buah-buahan yang paling menonol adalah, memperbaiki sistem pencernaan dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu, makanan sehat ini pun kerap digunakan untuk detox saat tubuh mulai terasa kurang bertenaga.  Nah selain manfaat kesehatan yang cukup besar, ternyata rutin mengonsumsi sayuran dan buah-buahan pun efektif untuk mengatasi stres dan mencegah depresi.

Dalam keterangannya, Profesor John Cryan, peneliti dari University College Cork, menjelaskan jika semua manfaat luar biasa dari buah dan sayur ini karena kandungan serat yang cukup tinggi. Serat inilah yang bertugas untuk menstimulasi bakteri baik di usus untuk memproduksi enzim SCFA.  Dalam jumlah yang cukup, enzim SCFA ini berperan besar dalam menurunkan kadar stres dalam tubuh, dan mencegah terjadinya depresi.

Dalam penelitiannya, Cryan menggunakan sejumlah mencit sebagai objek penelitian. Dia kemudian memberikan asupan makanan tinggi serat, terutama serat alami yang berasal dari buah dan sayuran. Selanjutnya, para mencit ini dianalisis kadar bakteri baik, dan kadar stresnya.

Hasilnya, mencit yang memiliki kadar bakteri baik dalam ususnya cenderung lebih bahagia, dan terjauh dari risiko gangguan cemas dan depresi. Mereka pun terlihat lebih bertenaga, lincah dalam bergerak dan memiliki nafsu makan yang tidak berlebihan.

Sayang, belum diketahui apakah hasil penelitian ini berlaku juga untuk manusia atau tidak. Tapi yang jelas, Cryan yakin jika dikembangkan kembali, hasil penelitian ini bisa jadi solusi praktis bagi mereka yang bermasalah dengan stres dan berisiko tinggi mengalami depresi.

Sementara dalam penelitian lainnya, disebutkan jika beberapa sayuran memang efektif untuk meredakan stres, terutama sayuran hijau seperti bayam, brokoli dan kangkung. Sayuran-sayuran tersebut disebut istimewa karena kaya akan vitamin A, C, E, magnesium dan kalsium, yang efetif melawan stres.

Tapi perlu diingat, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, sayuran sebaiknya diolah dengan cara dikukus atau direbus dengan durasi memasak yang tidak terlalu lama. Hal ini berlaku untuk buah-buahan yang lebih baik dikonsumsi langsung tanpa bahan tambahan apapun.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *