LOADING

Type to search

Cara Atasi Depresi dengan Psikoterapi

Seputar Narkoba

Cara Atasi Depresi dengan Psikoterapi

Share

Psikoterapi adalah salah satu cara mengatasi depresi yang sudah terbukti sangat efektif. Terapi ini bisa membantu untuk mengenali dan mengubah pola pikir dan tingkah laku kita terhadap suatu hal yang menjadi penyebab munculnya depresi. Dengan mengubah pola pikir, gaya hidup, perilaku dan mulai melakukan kegiatan fisik yang menyehatkan, kita bisa mengurangi gangguan karena depresi dan melawan depresi, selain dengan bantuan obat-obatan yang diberikan oleh psikiater sesuai kebutuhan. Selain itu, psikoterapi juga ampuh mencegah munculnya kembali depresi pasca pengobatan.

Berikut beberapa penerapan dari cara mengatasi depresi berdasarkan berbagai jenis terapi psikologis, seperti perilaku kognitif maupun antar personal.

  1. Berlatih menyingkirkan semua pikiran negatif yang datang dengan memakai logika. Dengan demikian kita bisa mengembangkan kemampuan toleransi sekaligus mengatasi masalah dengan perilaku yang lebih sehat dan positif.
  2. Lakukan hal baru yang beda dan menyenangkan tiap kali mulai merasa depresi atau energi negatif menyerang, contohnya dengan mengikuti kursus surfing atau hal-hal yang bisa memicu adrenalin lainnya. Melakukan hal yang membuat Anda merasa tertantang bisa merangsang dan membantu meningkatkan hormon dopamine yang berhubungan dengan rasa senang, kenikmatan dan pembelajaran.
  3. Menulis buku harian yang bercerita tentang suasana hati untuk bisa membantu melihat perasaan negatif dari sudut pandang yang beda. Terapi ini juga bisa menjadi pengingat akan hal-hal positif yang pernah terjadi dalam hidup dan karena itu disarankan untuk mencatat paling tidak satu hal positif yang terjadi tiap harinya. Hal ini bisa melatih kita untuk tetap berpikiran dan berperilaku positif.

Selamat mencoba dan jika kamu mulai merasakan adanya tanda-tanda depresi kembali, atau merasakan gangguan yang tidak bisa ditangani sendiri, segeralah mencari bantuan dari ahlinya, sebelum gangguan tersebut menjadi semakin berat.

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *