LOADING

Type to search

Camilan Kaya MSG Bisa Membuat Kita Ketagihan

Seputar Narkoba

Camilan Kaya MSG Bisa Membuat Kita Ketagihan

Share

Hampir semua orang tahu camilan yang kaya MSG atau micin seperti keripik kentang dalam kemasan punya rasa yang sangat lezat dan digemari banyak orang. Bahkan tidak sedikit orang yang mengaku kecanduan dan kesulitan untuk berhenti mengunyahnya, terlebih kalau dinikmati sembari menyaksikan televisi

Apa sih penyebab dari ketagihan ini?

Ahli kesehatan menyebutkan bahwa MSG memang fungsi utamanya adalah penguat rasa. Umumnya, makanan yang punya kandungan MSG memiliki rasa yang lebih gurih sehingga akan membuat penikmatnya menjadi seperti ketagihan dan seakan tidak bisa untuk berhenti mengkonsumsinya.

Lalu, apakah aman kalau kita menuruti keinginan untuk terus mengkonsumsi camilan yang kaya akan micin ini? Ahli kesehatan mengungkapkan, berlebihan mengkonsumsi camilan yang kaya MSG dan sodium bisa memicu penurunan kadar cairan tubuh sehingga berisiko meningkatkan tekanan darah. Bahkan, ada beberapa orang yang mengalami gejala seperti rasa nyeri perut, haus, atau diare.

Dalam sebuah studi, kandungan natrium di dalam MSG memang lebih rendah kalau dibandingkan dengan kandungan natrium yang terdapat pada garam dapur. Natrium dalam MSG cuma 13% dari berat total, 3 kali lebih rendah kalau dibandingkan dengan natrium yang terkandung dalam garam dapur yang bisa mencapai 39%.

Berisiko Picu Berbagai Masalah Kesehatan

Kalau kita mengkonsumsi camilan bermicin dalam jumlah yang terlalu banyak, kita akan mengonsumsi natrium dalam jumlah yang berlebih sehingga bisa memicu munculnya berbagai macam masalah kesehatan, khususnya masalah kesehatan pada organ jantung dan pembuluh darah.

Karena itulah, jangan berlebih mengonsumsi camilan yang kaya MSG atau micin. Sesekali mengonsumsinya tidak mengapa, tapi ada baiknya kita lebih mengonsumsi camilan sehat seperti buah-buahan yang sudah pasti lebih aman dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *