LOADING

Type to search

Butuh Waktu Berapa Lama Rehabilitasi Pecandu Narkoba?

Seputar Narkoba

Butuh Waktu Berapa Lama Rehabilitasi Pecandu Narkoba?

Share

Pasti sudah banyak dari Anda yang sudah tahu bahwa rehabilitasi perlu dilakukan oleh mereka yang merupakan pecandu narkoba supaya bisa mempunyai kehidupan yang lebih produktif. Lalu, butuh waktu berapa lama rehabilitasi pecandu narkoba?

Menurut  Alexandra Gabriella MPsi Psi Cht, seorang psikologi klinis, tiap individu mempunyai waktu yang tidak sama dalam menjalani rehabilitasi narkoba. Hal ini karena untuk perawatan fisik dan mental biasanya mempunyai waktu rehabilitasi yang tidak sama.

Perawatan Fisik

Untuk perawatan fisik, waktu rehabilitasi biasanya tergantung dari jenis narkoba yang dipakai. Berbeda jenis narkoba maka berbeda juga efek ketergantungan pada tubuh pemakainya.  Efek sakau narkoba bervariasi, ada yang tiga hari hilang tetapi ada juga yang sampai 2 minggu sampai sebulan. Hal ini tergantung berapa berat efek dari jenis narkobanya.

Perawatan Mental

Sedangkan untuk perawatan mental, menurut Alexa butuh waktu yang sangat lama, bisa sampai sepanjang hidup. Kenapa? Karena menurutnya keinginan memakai narkoba juga bisa muncul kapan saja, walaupun sudah selesai menjalani rehabilitasi.

Alexa memberi contoh, mantan perokok yang sedang merasa penat bisa berpikiran untuk merokok lagi supaya mendapatkan rasa nyaman seperti saat ia masih aktif merokok. Karena itulah rehabilitasi harus bisa menjadi  kunci dalam menahan atau mengontrol diri.

Semoga informasi di atas bermanfaat!

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *