LOADING

Type to search

Berhenti Olahraga Total Bisa Picu Depresi?

Seputar Narkoba

Berhenti Olahraga Total Bisa Picu Depresi?

Share

Berolahraga sudah sangat lama diketahui punya banyak manfaat untuk kesehatan fisik dan mental. Meski begitu, bagaimana sebenarnya mental seseorang dipengaruhi saat ia berhenti olahraga sama sekali atau berhenti total? Menurut penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di University of Adelaide, menghentikan segala bentuk kegiatan fisik yang kuat bisa menyebabkan seseorang mengalami gejala depresi.

Inilah yang memicu seseorang yang bernama Julie Morgan dari University of Adelaide in South Australia, untuk melakukan penelitian tentang bagaimana kekurangan signifikan dari berolahraga bisa mempengaruhi orang usia dewasa yang aktif. Julie melakukan penelitian ini pada 152 orang usia dewasa yang 50 di antaranya adalah perempuan.

Penelitian ini Julie lakukan dengan menganalisis hasil dari penelitian-penelitian sebelumnya. Setiap peserta sebelumnya sudah berolahraga minimal 3 kali dalam seminggu, selama minimal 3 bulan. Setiap olahraga yang mereka lakukan kurang lebih 30 menit, kemudian Julie menganjurkan mereka untuk berhenti melakukan olahraga sama sekali.

Dalam waktu yang tidak lama, hasilnya langsung tampak. Terungkap dalam penelitian tersebut, peserta penelitian wanita lebih mungkin memunculkan gejala depresi jika dibandingkan peserta pria. Dalam beberapa kasus, berhenti olahraga akan menyebabkan peningkatan yang signifikan dalam gejala depresi setelah hanya berhenti berolahraga selama tiga hari.

Penelitian lain menunjukkan bahwa gejala depresi seseorang akan meningkat setelah 1 sampai 2 minggu pertama, yang mana masih terlalu cepat setelah berhenti berolahraga. Namun, para peneliti menegaskan bahwa studi lebih lanjut pada subyek sangat penting untuk memberikan hasil yang lebih akurat, karena sampel peserta yang mereka dapatkan terbilang tidak banyak.

Melihat fakta di atas, kegiatan fisik dan olahraga cukup penting untuk kesehatan fisik dan mental. Ditambah lagi dengan adanya bukti klinis yang menunjukkan bahwa olahraga teratur bisa mengurangi dan mengobati depresi. Jadi rutinlah berolahraga mulai dari sekarang.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *