LOADING

Type to search

Berapa Batas Aman Konsumsi Miras? Tidak Pernah Ada!

Seputar Narkoba

Berapa Batas Aman Konsumsi Miras? Tidak Pernah Ada!

Share

Konsumsi minuman keras atau minuman beralkohol memiliki dampak buruk bagi kesehatan walau cuma 1 gelas tiap hari. Hasil penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Lancet ini seakan mematahkan keyakinan sebelumnya yang menyatakan bahwa konsumsi anggur 1 gelas sehari itu  baik untuk kesehatan.

Mengonsumsi miras dalam jumlah tertentu memang melindungi tubuh dari serangan jantung. Tetapi risiko kanker dan penyakit lain karena kelebihan berat badan justru bisa meningkat. Risiko ini meningkat seiring dengan jumlah minuman beralkohol yang dikonsumsi dalam 1 hari. Pemimpin studi yang bernama Max Griswold dari Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME), University of Washington mengatakan bahwa kenyataannya tidak ada responden yang cuma minum 1 gelas alkohol dalam sehari.

Penelitian ini menempatkan konsumsi 5 gelas minuman berlkohol tiap hari sebagai moderate drinking. Penelitian ini ingin mengetahui efek jumlah konsumsi minuman beralkohol bagi kesehatan. Penelitian ini dilakukan di 195 negara, termasuk Inggris , dari tahun 1990 sampai 2016. Peneliti kemudian membandingkan kesehatan responden usia 15 sampai 95 tahun, sebelum dan setelah mereka mengonsumsi minuman keras.

Diketahui,  914 dari 100 ribu responden mengalami masalah kesehatan karena konsumsi 1 gelas minuman beralkohol sehari, seperti kecelakaan atau kanker. Jumlah tersebut kemudian bertambah 63 orang dalam 1 tahun seiring dengan konsumsi yang menjadi 2 gelas dalam 1 hari. Jumlah tersebut menjadi 1.252 orang ketika konsumsi minuman beralkohol menjadi 5 gelas dalam 1 hari.

Sonia Saxena, salah satu peneliti  mengungkapkan, penelitian juga memasukkan parameter lain dalam konsumsi alkohol. Parameter ini meliputi kedatangan turis, penjualan, frekuensi minum, dan jumlah konsumsi miras. Data yang komprehensif dari penelitian ini diharapkan bisa membantu pemerintah Inggris mengambil kebijakan konsumsi minuman beralkohol, serta dampak penyertanya.

Melihat hasil penelitian di atas bisa disimpulkan bahwa batas mengonsumsi miras yang aman itu bisa dikatakan tidak ada. Karena itulah, hindari mengonsumsi miras dan lebih pilihlah jenis minuman lain yang memang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Semoga informasi ini bermanfaat!

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *