LOADING

Type to search

Belum Tentu Kopi, Ini Beberapa Penyebab Lain Insomnia

Seputar Narkoba

Belum Tentu Kopi, Ini Beberapa Penyebab Lain Insomnia

Share

Keluhan insomnia atau susah tidur memang tidak jarang hadir selepas kita minum kopi. Hal ini bukan hal yang mengejutkan karena memang kandungan kafein di dalamnya punya efek stimulansia, yang artinya kandungan kafein dalam kopi bisa membuat mereka yang mengonsumsinya bisa terjaga lebih lama.   Efek ini bisa sangat bermanfaat pada pagi dan siang hari, saat kebanyakan dari kita dituntut untuk fokus penuh dalam pekerjaan.

Masalah akan timbul saat kopi dikonsumsi tidak pada waktu yang tepat, seperti salah satunya diminum terlalu dekat dengan waktu tidur. Hal seperti inilah yang bisa menyebabkan keluhan susah tidur atau bahkan insomnia. Dilansir dari sleepfoundation.org, kafein dalam takaran sedang tidak ada hubungannya dengan risiko kesehatan. 3 cangkir kopi ukuran 8 oz (250 mg kafein), masih dianggap biasa atau normal untuk asupan sehari.

Tapi kalau keluhan susah tidur tetap muncul saat tidak berlebihan minum kopi dan tidak terlalu dekat dengan waktu tidur, maka kita harus curiga pada penyebab insomnia yang lain seperti berikut ini.

1. Depresi & Gelisah

Salah satu kemungkinan seseorang sulit tidur adalah adanya masalah tertentu pada kondisi kejiwaan, seperti depresi dan kegelisahan. Sebaliknya, insomnia juga ternyata bisa memperparah gejala depresi ataupun kegelisahan.

2. Kegiatan Fisik Berlebih

Kegiatan fisik berlebih juga bisa membuat siklus tidur terganggu. Olahraga berat yang dilakukan berdekatan dengan waktu tidur diketahui memiliki efek serupa dengan kafein karena pelepasan hormon-hormon selama tubuh kita berkeringat.

3. Asupan Kafein Selain Kopi

Kemungkinan terakhir yang tidak bisa kita abaikan adalah adanya asupan kafein dari sumber selain kopi, seperti soft drink, minuman berenergi, obat-obatan, dan bahkan teh ataupun cokelat,yang juga sumber kafein yang seringkali tidak kita perhitungkan.

Itulah beberapa penyebab insomnia selain kopi. Semoga informasi ini bermanfaat!

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *