LOADING

Type to search

Banyak Yang Sulit Berhenti Merokok. Ternyata Ini Penyebabnya!

Seputar Narkoba

Banyak Yang Sulit Berhenti Merokok. Ternyata Ini Penyebabnya!

Share

Meskipun pemerintah sudah berupaya untuk mengurangi peredarannya, dari mulai mengganti kemasan rokok dengan gambar yang mengerikan, membatasi penayangan iklan rokok, hingga pembatasan usia bagi pembelinya, tetap saja angka konsumsi rokok di Indonesia masih tinggi.

Jika ditanya tentang bahaya rokok, semua orang setuju jika rokok memberikan dampak yang mengerikan. Tapi sayang, berhenti merokok bukanlah hal yang mudah dilakukan, bahkan buat kamu yang sudah berniat untuk menghentikannya. Kenapa bisa seperti itu?

Menurut dr Feni Fitriani Taufik, SpP(K), MPdKed, dokter spesialis paru dari Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, umumnya orang akan berusaha untuk berhenti merokok jika mereka sudah mengidap penyakit akibat zat berbahaya dalam rokok.

Selain itu, dr Feni menjelaskan jika di dalam rokok terkandung banyak zat berbahaya, salah satunya nikotin, zat yang bersifat adiksi dan membuat orang sulit untuk menghentikannya, terutama karena nikotin memberikan efek perasaan nyaman dan kesenangan.

Lebih lanjut lagi, dr Feni menjelaskan jika umumnya orang akan sanggup berhenti merokok dalam waktu 1 bulan saja. Dalam prosesnya, dia akan merasa sangat gelisah, susah fokus dan bahkan sulit tidur. Alhasil, otaknya akan menyarankan untuk merokok kembali.

Butuh Komitmen dan Perjuangan

Untuk bisa mewujudkan impian bebas dari rokok, dibutuhkan ketekunan, komitmen dan perjuangan esktra keras dari perokok itu sendiri, terutama godaan setelah beberapa waktu terbebas dari rokok. Berikut merupakan trik agar bisa bebas dari rokok.

  1. Jauhi para perokok, terutama teman atau rekan kerja.
  2. Jauhi stres, dan lakukan aktivitas fisik, yoga dan perbanyak bersepeda.
  3. Segera alihkan fokus jika keinginan merokok itu datang, misalnya dengan bermain games atau aktivitas lainnya yang menyenangkan.
  4. Tetap fokus pada tujuan awal berhenti merokok, dan yakinkan diri kalau kamu bisa berhenti merokok total.
  5. Jangan pernah mencicipi rokok jika tubuhmu sudah nyaman tanpa rokok. Sekali saja mencoba, imbasnya bisa fatal dan bahkan bisa membuat kamu lebih sulit lepas dari rokok.

Kalau memang dibutuhkan, ada beberapa terapi yang bisa dilakukan untuk menghentikan kebiasaan merokok ini, termasuk hipnoterapi. Selamat mencoba!

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *