LOADING

Type to search

Bagaimana Cara Narkoba Picu Halusinasi?

Seputar Narkoba

Bagaimana Cara Narkoba Picu Halusinasi?

Share

Akhir tahun 2018 lalu, ada kejadian 2 orang yang ditemukan tidak memakai baju sehelai pun di dalam mobil. Peristiwa yang terjadi di Pati, Jawa Tengah, ini kemudian melakukan tes urine pada keduanya dan hasilnya salah satu di antara pria tersebut dinyatakan positif mengandung narkoba.

Narkoba Picu Halusinasi

dr Hari Nugroho, seorang ahli dari Institute of Mental Health Addiction And Neurosience (IMAN), menjelaskan bahwa dampak mengonsumsi narkoba seperti inex, inex, atau magic mushroom, memang memiliki risiko menyebabkan munculnya halusinasi. Salah satunya bisa berakibat pada perbuatan melepas pakaian.

Namun, dr Hari menjelaskan, tidak cuma tidak memakai pakaian, wujud halusinasi bisa berbeda-beda. Halusinasi tersebut bisa berwujud auditorik (mendengar suara-suara yang menyuruh atau ngomongin dia dan lain sebagainya), atau mungkin juga visual menjadi seperti melihat sesuatu padahal sebenarnya tidak ada.  dr Hari menambahkan, faktor pendorong halusinasi merupakan proses yang terjadi di dalam otak.

Jika ia memakai narkoba, narkobanya berisiko mempengaruhi neurotransmitter di dalam otaknya. Halusinasi tersebut yang timbul juga akan tergantung pada bagian otak mana yang paling terkena pengaruhnya.

dr Hari juga menjelaskan, pemakai narkoba, khususnya sabu bisa berisiko mengalami halusinasi. Terlebih kalau dosis yang ia konsumsi juga tinggi. Munculnya halusinasi ini sering dinamakan dengan gangguan psikosis karena methamphetamine.

Narkoba Juga Berisiko Picu Aks Nekat

Tidak hanya sabu, narkoba jenis lainnya seperti LSD, inex, ganja dan magic mushroom juga bisa menyebabkan efek halusinasi yang membuat mereka yang memakainya secara random melakukan aksi yang nekat.

Semoga informasi di atas bermanfaat dan ingat untuk selalu “Say No to Drugs!”

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *