LOADING

Type to search

Atasi Depresi dengan Yoga!

Seputar Narkoba

Atasi Depresi dengan Yoga!

Share

Ketidaktenangan jiwa, yang salah satunya adalah depresi, adalah persoalan kesehatan mental paling umum yang ditemukan di banyak kota besar di dunia, termasuk kota-kota besar di negara kita. Sehubungan dengan itu, yoga, yang populer sebagai alternatif latihan untuk ketenangan diri, diyakini bisa menekan depresi.

Dengan pendekatan yang dikenal sebagai gabungan dari pemulihan fisik sekaligus mental, setidaknya ada beberapa penelitian yang meyakini jika beberapa pose yoga bisa menjadi “obat” ampuh bagi depresi. Berikut adalah beberapa pose utama yoga yang paling efektif untuk mengatasi gejala depresi, dilansir dari sebuah tulisan Monique Minahan di Huffington Post:

Uttanasana

Pose melipat badan ke depan ini dilakukan sambil berdiri, dengan tangan merangkul bagian belakang betis atau berusaha menggapai bagian kaki.

Janu Sirsasana

Pose mencium lutut ini biasanya dilakukan sambil duduk, dengan merentang satu kaki ke depan sementara kaki lainnya dilipat. Pose ini bisa meregangkan banyak otot kaki sekaligus bagian leher dan punggung.

Bhujangasana

Pose “kobra” ini dilakukan dengan berbaring telungkup di lantai, dengan kepala dan bagian atas punggung lantas ditarik melengkung ke belakang, yang kalau diperhatikan cukup mirip dengan gerakan ular kobra.

Setu Bandha Sarvangasana

Pose “jembatan” ini biasa juga disebut “kayang”. Pose ini dilakukan dengan melengkungkan badan ke belakang, dengan bertumpu pada kedua kaki di satu sisi, lalu ditahan oleh kedua tangan di ujung lainnya atau bisa juga dengan bersandar pada pundak.

Salamba Sirsasana

Pose tegak dengan kepala di bawah ini tergolong tidak mudah buat mereka yang tubuhnya masih sering tak seimbang. Mengandalkan tangan sebagai penopang kepala, pose tegak lurus secara terbalik ini diyakini bisa berpengaruh banyak pada aliran darah.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *