Radio Streaming


Tubaba, Kota Baru Dengan Arsitektur Modern

Tubaba ialah singkatan dari Tulang Bawang Barat. Daerah tersebut ialah sebuah kabupaten di Provinsi Lampung, Sumatera Selatan. Sejak awal tahun 1900an, area itu telah menjadi tujuan kaum transmigran dari Pulau Jawa.

Di tangan Umar Rachmat, Bupati Kabupaten Tubaba, kawasan transmigrasi  yang tadinya nampak seperti kota mati ini hendak diubah menjadi daerah yang punya daya tarik tersendiri.

Umar mengajak Andra Matin, arsitek ternama Indonesia, untuk mendesain beberapa fasilitas publik seperti Masjid, Pasar, Galeri Seni, dan Balai Pertemuan. Bangunan-banguan tersebut didesain dengan modern. Siapapun yang melihatnya, terundang untuk mendekat lantaran desain yang menarik dan dapat dikatakan belum lazim ada di Pulau Sumatera.

Bentuk bangunan yang menarik tersebut bisa dilihat gambarnya dalam pameran Membangun Tubaba. Ekshibisi tersebut diadakan di Kopi Manyar, Bintaro, Jakarta Selatan. Kamu bisa melihatnya sampai bulan November 2017.

Menikmati kopi nusantara sambil melihat jajaran potret menarik bisa menjadi sebuah kegiatan yang membuka wawasan. Bila sudah ada kegiatan yang sedemikian menarik, mengapa pula berpikir untuk menggunakan narkoba.

Isi pikiran dengan hal-hal yang menambah wawasan. Setelah datang ke pameran tersebut, ingat untuk mencatat Tubaba sebagai destinasi berlibur kamu selanjutnya.

Travelling adalah salah satu yang harus menjadi to do list kamu, kemanapun itu selalu be good ya guys!

Foto: masjid-baitus-shobur-tulang-bawang-barat_lampung_007 dok.dreamfile.wordpress.com