Radio Streaming


Kain Sumba Favorit Dian Sastrowardoyo

Ada banyak makna dibalik sehelai kain Sumba, Nusa Tenggara Timur. Kain yang pada umumnya dibuat dengan warna dasar biru ini memiliki beragam motif hewan yang memenuhi pulau tersebut seperti kuda, buaya, ayam, singa, udang, dan rusa. Motif kuda melambangkan kepahlawanan dan kebangsawanan. Buaya memiliki arti  kekuatan dan kekuasaan raja. Ayam melambangkan kehidupan wanita. Sementara burung melambangkan persatuan.

“Saya mempunyai minat dan kecintaan yang besar terhadap kain tradisional Indonesia, bahkan mungkin bisa disebut bahwa itu adalah salah satu soft spot saya. Dan setelah mengenal Sumba, mudah sekali bagi saya untuk jatuh cinta pada tenunnya. Sehelai kain tenun adalah hasil dari ketekunan dan keterampilan yang dibuat selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun," kata dian seperti dikutip dalam situs berita Kompas.com.

Ibu dari dua orang anak ini menganggap bahwa dengan mengenakan kain Sumba, ia turut mengapresiasi proses pembuatan dan turut menjaga tradisi budaya setempat. Melalui Yayasan Dian Sastrowardoyo yang didirikannya, Dian berupaya membantu kelangsungan hidup masyarakat Warinding.

Daerah dengan lanskap perbukitan itu memiliki masalah kekurangan air. Dian pun tergerak untuk menyelenggarakan pameran kain Sumba. Beberapa ksin tersebut akan dilelang dan hasilnya akan dimanfaatkan untuk pembangunan sumber air di Warinding.

Sumber Foto: Instagram Dian Sastro Wardoyo