Radio Streaming


Cara “Memenangi” Argumen

Berseberangan pendapat dengan orang lain bisa jadi “makanan” Kamu sehari-hari. Ketimbang merasa kesal, ada lho cara bijak untuk menyikapi perbedaan pendapat tersebut. Kunci pertamanya adalah turunkan ego yang membuat kamu merasa paling benar. Buka pikiran untuk belajar mengerti pendapat orang lain. Di bawah ini tips selanjutnya.

Dengar Baik Baik

Usahakan pikiran tetap netral dan buka telinga lebar-lebar. Dr. Lerner, seorang psikolog, berkata bahwa mendengar keluh kesah pihak yang berseberangan pendapat dengan kita ialah hal penting agar kita tetap bisa berempati dan berpikir jernih dalam menyelesaikan masalah.

Kontrol Suara

Rasa kesal memang membuat suara cenderung meninggi. Belum banyak yang menyadari bahwa tinginya suara justru membuat perdebatan semakin rumit dan menjauh dari solusi. Nah jika Kamu berhasil mengontrol nada suara, secara psikologis hal tersebut menandakan kalau Kamu punya kekuasaan dan kendali terhadap situasi. Dan hal itu akan mempercepat penemuan solusi.

Ucapkan “Maaf”

Bisa dimengerti bahwa Kamu pastinya punya keinginan untuk terus mempertahankan pendapat yang kamu pikir benar. Tetapi memilih untuk bersikap bijaksana dan berkompromi bukan berarti Kamu lemah lho. Mengucap kata maaf setelahnya juga membuktikan kalau kamu punya kebesaran hati.

Belajar mendengar, berbicara yang baik, berpikir positif dan jauhi narkoba!