Radio Streaming


Wisata Ke Kampung Warna Warni

Kali berikut waktu luang tiba, sempatkan diri untuk datang ke beberapa Kampung Warna Warni yang ada di beberapa daerah di Indonesia. Seperti namanya, Kampung Warna Warni ialah kampung yang hampir seluruh bangunannya dicat dengan menggunakan sejumlah warna terang seperti kuning, merah, biru, dan hijau.

Keberadaan Kampung Warna Warni ini mulai marak dua tahun terakhir. Warna-warna yang tampak mencolok dari kejauhan ini tak hanya mengundang untuk dijadikan objek foto menarik tetapi bisa juga sebagai salah satu cara mengenal ikon budaya setempat. Menarik kan?

  • Kampung Bekelir, Tangerang

Mewarnai kampung ini ialah ide warga setempat untuk membantu mewujudkan target Tangerang sebagai Kota Layak Dikunjungi. Para warga sepakat untuk melukis dinding luar 300 rumah warga. Lukisan yang digambar ialah berbagai unsur budaya Tangerang seperti gambang kromong, cokek, Lenggang Cisadane, dan laksa.

  • Kampung Jodipan, Malang

Dulu tempat ini merupakan permukiman kumuh. Sekarang Jodipan sudah menjadi tujuan dari ratusan orang wisatawan. Para turis yang datang ke Jodipan senang untuk mengelilingi gang sempit yang tersebar di samping Sungai Brantas. Ide untuk mewarnai kampung Jodipan berasal dari sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang tergabung dalam kelompok gusypro.

  • Bukit Brintik, Semarang

Kampung ini terletak di belakang Pasar Kembang Semarang. Di kampung ini, membubuhkan warna saja tak cukup untuk membuat area pemukiman semakin indah. Para warga menambahkan gambar tokoh-tokoh perwayangan agar masyarakat setempat dan turis tetap mengenali kebudayaan Kampung ini.

Foto: Instagram